Kaleidoskop Polda Riau Tahun 2020

Mulai  Bangun Mapolda, SPN, Hingga Perekrutan 19 Hafiz Al-Qur'an

Polda Riau gelar ekpos tahunan Rabu (30/12/2020)

PEKANBARU-- (KIBLATRIAU.COM)-- Bertempat di Mapolda baru yang terletak di Jalan Patimura,  Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setia Imam Efendi bersama jajaran melakukan konfrensi pers tahunan,  (30/12/2020).

Pada kesempatan itu, Kapolda  Riau menjelaskan, bahwa ada tiga hal penting yang telah dicapai selama satu tahun ini, yakni di bidang Pembinaan, bidang Operasional dan bidang Kerjasama.  

Untuk bidang pembinaan, dari jumlah 10.689 personel. Polda Riau memberikan reward bagi personil yang berprestasi, untuk meningkatkan motivasi kerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. 

''Untuk memacu dan meningkat kinerja, Polda Riau telah memberikan reward kepada 310 pers yang berprestasi dalam hal pengungkapan narkoba, curat, lundup dan polisi teladan,'' ungkap Kapolda.

Tambah Kapolda, kemudian, untuk meningkatkan profesionalisme kerja personel, Polda Riau melaksanakan pembinaan karir melalui assesment center sebanyak 85 Personel. 

''Assesment center yang dimiliki Polda Riau juga telah digunakan oleh pemerintah daerah Inhil dan Rohil yang diikuti 83 orang dalam assesment jabatan di lingkungan pemerintahan,'' terang Kapolda.

Kemudian, untuk menjamin kesejahteraan personil Polri yang akan memasuki masa pensiun, Polda Riau melaksanakan pelatihan wira usaha sebanyak 94 personel. 

Selanjutnya, Polda Riau bertindak secara profesional dalam penerimaan calon anggota Polri melalui pengawasan dari pihak eksternal ombudsman, dinas pendidikan dan LSM. 

Untuk perekrutan, Polda Riau juga mendukung masyarakat asli dan kurang mampu yang memiliki kesempatan besar untuk menempuh pendidikan pembentukan Polri di SPN Polda Riau.

Mereka yang direkrut antara lain, casis Bintara Polri dari affirmative action (suku pedalaman) ada 4 orang, dengan rincian suku talang mamak (Inhu) 2 orang, suku sakai ( Bengkalis) 1 orang, dan suku duano (Inhil) 1 orang.

Selain itu, juga ada casis Bintara Polri dari pulau-pulau kecil terluar (ppkt) total 3 orang, dengan rincian dari Bengkalis 2 orang dan Kepulauan Meranti 1 orang.

Lanjut Kapolda, perekrutan casis Bintara Polri berlatar belakang yatim piatu 4 orang. Seterusnya, casis bintara kompetensi 6 orang, dengan rincian orang tua bekerja sebagai tukang kebun 1 orang, pedagang sate 1 orang, buruh bangunan 3 orang, dan pedagang sayur 1 orang.

Dilanjutkan perekrutan casis Bintara Polri talent scouting dari bidang olahraga Taekwondo, Karate, Judo, Pencak Silat, Paskibraka, Volly, Sepakbola, hingga atlit Badminton.

''Yang membanggakannya, kami menerima 19 casis para hafiz Al-qur’an 19 orang. Faktanya, saat dites baca Al-Quran memang benar mereka hafal,'' urai Kapolda.

Selanjutnya, terkait pembangunan Sarana dan Prasarana. Untuk melaksanakan tugasnya, Polda Riau memerlukan sarana dan prasarana yang memadai, sehingga terbentuk satu kesatuan yang utuh. 

''Alhamdulillah terkait gedung Mapolda Riau yang baru telah selesai dibangun dan siap digunakan. Diharapkan dengan gedung baru ini pelayanan terhadap masyarakat lebih optimal dan profesional,'' harap Kapolda. 

Sebelumnya, sambung Kapolda, pembangunan gedung baru tersebut dimulai pada tahun 2018 dan selesai serta diresmikan pada hari jumat, 18 desember 2020 secara virtual. 

''Pembangunan Mapolda baru tersebut digunakan untuk mendukung kebutuhan operasional kepolisian dan pengembangan pelayanan yang lebih optimal kepada masyarakat riau,'' papar Kapolda.

Untuk diketahui, pembangunan gedung Mapolda Riau di Jalan Pattimura nomor 13 Pekanbaru dibangun diatas lahan 5,9 hektar. Dengan menggunakan anggaran Dinas PUPR Provinsi Riau, sebesar Rp172.883.960.000.

Kemudian, untuk mendukung calon personel yang bermutu. Maka dilakukan pembangunan SPN Polda Riau di Desa Kualu Nenas, Kecamatan Tambang, Kampar dianggarkan melalui Dipa Polri sebesar Rp125.142.792.000.

Sedangkan, untuk pengadaan Meubeler Polda Riau didukung 2 sumber anggaran APBN-P ta. 2019 Pemprov Riau sebesar Rp10.600.000.000, dan Dipa Polri ta. 2020 sebesar Rp23.976.792.000.

Selanjutnya, untuk mendukung personel yang berakhlak, juga dibangun Masjid Al’adzim merupakan hibah bangunan dari PT Riau Andalan Pulp and Paper Rp 7.389.311.643.(Hd)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar